Muqoddimah | Alkhairaat

Dalam memasuki abad baru, terdapat beberapa kecenderungan yang akan terus berkembang semakin mengkristal dan memberi bentuk yang semakin jelas. Kecenderungan itu adalah:

  1. Zaman globalisasi yang menyatukan menusia melintasi batas – batas negara, akibatnya akan terdapat pencampuran budaya dari berbagai etnis, agama, dan peradaban yang membentuk peradaban baru. Dalam hal ini, budaya yang dianggap maju, kuat, dan menguntungkan akan menjadi budaya dominan.
  2. Liberalisme sebagai bentuk dari globalisasi, dimana orang cenderung menjadi kuat secara individu dan ingin tidak terikat pada apapun. Hal ini berbeda dengan ciri manusia yang agamis (Islami) dimana kebersamaan dan kepatuhan pada norma agama menjadi dasar berprilaku.
  3. Persaingan yang semakin tajam, hal itu bukan saja akibat dari keinginan yang terus berkembang tetapi sebagai akibat dari kemauan orang untuk menunjukkan yang terbaik.
  4. Pada bidang pendidikan, terdapat pergeseran yang cukup tinggi, dimana keberadaan keluarga sebagai institusi pendidikan dan pembentukan moral manusia, dengan kesibukan bapak dan ibunya menjadi menurun. Sekolah diharapkan menjadi fasilitas untuk berperan ganda dan akhirnya bisa menyadarkan anak didik (siswa / i) untuk menanamkan bahwa keluarga adalah sebagai salah satu institusi pendidikan yang sangat dominan. (Imam Syafi’i mengatakan bahwa ibumu adalah sekolahmu).
  5. Pada sekolah – sekolah negeri umumnya hanya menampung pengembangan ketrampilan dan pengetahuan saja. Kegiatan pengembangan moral agama masih lemah. Pada sekolah yang bercirikan agama teutama non-Islam sangat gencar, bahkan menjadi tempat yang cukup tinggi dalam pengembangan ilmu dan agama.
    Disinilah peluang bagi sekolah – sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Miftahul Khairaat, dengan memberikan pendidikan yang dapat mengembangkan kepribadian secara utuh, baik iptek maupun iptaq.